7 Fitur Penting Dokumen Microsoft Office

Selasa 19 April 2022 Pukul 03:00

Dokumen Microsoft Office unit data tingkat atas diMicrosoft Office disebut dokumen. Dokumen Microsoft Office diklasifikasikan ke dalam jenis tergantung pada jenis informasi apa yang disimpan didalamnya. Biasanya, berbagai jenis dokumen diproses oleh aplikasi Microsoft Office yang berbeda.

Dokumen Microsoft Office
Foto oleh Olya Kobruseva dari Pexels

Berdasarkan hal diatas, kita menarik kesimpulan sebagai berikut: aplikasi yang termasuk dalam paket MS Office berinteraksi secara dekat ketika memecahkan masalah yang diterapkan, mereka menciptakan lingkungan informasi terpadu dan memungkinkan pertukaran objek. Dokumen Microsoft Office adalah contoh objek tertentu. Oleh karena itu, Microsoft Office adalah paket berorientasi dokumen (lingkungan).

Dukungan Pihak Ketiga

Untuk waktu yang lama, format dokumen Microsoft Office tetap jadi standar de facto aplikasi kantor pihak ketiga. Dukungan format ini tersedia disebagian besar produk perangkat lunak dari kategori ini, baik sistem desktop maupun perangkat seluler (smartphone, komunikator, dll. ).

Jika perlu, menemukan beberapa lusin aplikasi perkantoran berbagai platform seluler yang mendukung dokumen Microsoft Office Word, PowerPoint, dan Excel (khususnya, OfficeSuite PRO Android atau QuickOffice Symbian). Di antara aplikasi desktop, contoh dukungan impor/ekspor dokumen Microsoft Office adalah LibreOffice.

Lingkungan Perangkat Lunak

Alat utama pengembangan aplikasi diMS Office adalah solusi komprehensif berbasis bahasa Visual Basic, yaitu Visual Basic for Application (VBA). Teknologi ini mencakup perekam makro, penerjemah Visual Basic, lingkungan pengembangan terintegrasi debugger bawaan, pustaka runtime, dan pustaka tipe yang mewakili objek paket. Alat-alat ini memungkinkan memperluas fungsionalitas paket dan menyesuaikannya memecahkan masalah khusus.

Antarmuka MS Office

Aplikasi Microsoft Office memiliki antarmuka terpadu, yang intinya adalah sebagai berikut: fungsi serupa memiliki penunjukan yang sama (nama perintah atau ikon tombol), dan fungsi yang berbeda memiliki penunjukan yang berbeda. Untuk tingkat yang lebih besar, penyatuan telah mempengaruhi antarmuka aplikasi seperti Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint.

Salah satu keuntungan dari suite Microsoft Office adalah penggunaan yang konsisten dari antarmuka pengguna grafis (GUI) yang disediakan oleh sistem operasi dan berbagai kontrol. Sebagai aturan, elemen individu dikelompokkan ke dalam struktur yang lebih besar, seperti jendela, toolbar, menu. Pertimbangkan karakteristik masing-masing kelompok ini.

Antarmuka Jendela

Antarmuka jendela adalah cara mengatur antarmuka pengguna program, ketika setiap bagian integral terletak dijendela – ruang sub-layarnya sendiri, terletak ditempat sewenang-wenang “di atas” layar utama. Beberapa jendela secara bersamaan terletak dilayar tumpang tindih, menjadi “di atas” ataupun “di bawah” relatif satu sama lain. MS Office menggunakan empat jenis jendela:

  • Jendela aplikasi,
  • Jendela dokumen,
  • Jendela dialog,
  • Formulir.

Toolbar

Toolbar adalah elemen antarmuka pengguna yang berisi kontrol seperti tombol pintas dan didaftar drop-down. Bilah alat diseluruh aplikasi berisi tombol yang memiliki fungsi dan tampilan yang serupa, sehingga memudahkan mempelajari antarmuka Microsoft Office.

Toolbar berupa:

  • Merapat disepanjang batas jendela aplikasi,
  • Mengambang, yaitu terletak dibagian mana pun dari jendela aplikasi,
  • Disajikan dijendela terpisah, dalam hal ini, bentuk dan ukuran bilah alat
  • Dapat diubah secara sewenang-wenang.

Tidak bisa

Menu menyediakan akses ke daftar hierarki perintah yang tersedia. Hasil memilih perintah dari menu berupa:

  • Eksekusi langsung dari beberapa tindakan,
  • Membuka menu lain,
  • Membuka kotak dialog atau formulir.

Menu antarmuka Microsoft Office, kecuali bilah menu aplikasi apa pun, dibagi (berdasarkan cara mengaksesnya) menjadi drop-down dan konteks (atau pop-up).

Kontrol

Kontrol adalah objek antarmuka jendela yang mengimplementasikan operasi antarmuka khas: klik mouse, pemilihan dari daftar, pemilihan opsi, pengguliran, dll. Kontrol meliputi: tombol, bidang teks (atau bidang input), kotak centang, tombol radio, daftar dan daftar drop-down, bilah gulir, palet, penghitung, dan lainnya khusus beberapa aplikasi atau kondisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *